News Update :
Home » , , , » 12 MANFAAT KANDUNGAN DAUN SIRSAK / SRIKAYA (KHASIAT DAN KEGUNAAN DAUN SIRSAK BAGI KESEHATAN)

12 MANFAAT KANDUNGAN DAUN SIRSAK / SRIKAYA (KHASIAT DAN KEGUNAAN DAUN SIRSAK BAGI KESEHATAN)

12 MANFAAT KANDUNGAN DAUN SIRSAK / SRIKAYA - KHASIAT DAN KEGUNAAN DAUN SIRSAK BAGI KESEHATAN : Salam Blogger, seperti kita ketahui, bahwa begitu banyak obat-obatan herbal yang tersedia di sekitar kita yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah daun Sirsak atau Srikaya. Namun tentu saja kita harus tahu kandungan dan dosis yang cocok untuk setiap keluhan kita. Untuk itu berikut adalah kandungan senyawa dalam Daun Sirsak:

Kandungan Gizi / Senyawa Dalam Daun Sirsak

lactones
Annohexocina
Annomuricina A, B, C dan E
Annomutacina
Annopentocinas A, B dan C
Muricoreacina
Gigantetronemina
Murihexocina A dan C
Javoricina
Isoquinoline
Anonaine
Anoniine
Atherospermine
Coreximine
Lipid
Asam Gentisic
Asam Lignoceric
CLA
asam stearat



 Lalu, apa saja manfaat dari daun sirsak? mari kita lanjutkan ulasan berikut:

1. Mengatasi Diabetes

Kadar gula darah yang normal adalah 70-120 mg dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh bisa dinetralisir dengan meminum air rebusan dari daun sirsak.  Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami.

Cara Penggunaan:
  •   Ambil 2-5 helai daun sirsak
  •   Bersihkan dengan air bersih mengalir (untuk menghilangkan kuman dan bakteri)
  •   Rebus daun sirsak dalam air hangat 3 gelas
  •   Biarkan kering hingga tinggal 1 gelas.
  •   Minum secara rutin pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes.
  •   Lakukan secara rutin 3-4 hari, lalu cek kadar gula darah anda.

2. Menyembuhkan Asam Urat

Asam urat biasanya menyerang para pria berusia lanjut. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan menyerang orang muda. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun sirsak. Konsumsi daun sirsak dapat membantu dalam mengobati asam urat yang anda derita. Bahkanbanyak obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.

Penggunaan :

cara 1:
Untuk menggunakan daun sirsak sebagai obat asam urat, rebus 6 sampai 10 daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau yang telah dicuci. Rebus daun dalam 2 gelas air dan didihkan sampai satu gelas saja. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari untuk manfaat maksimal.

Cara 2:
Rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua namun masih berwarna hijau (bukan yang kecoklatan apalagi kering) dengan ai sebanyak 1 gelas sampai mendidih. Setelah hangat minum ramuan ini dua kali sehari.


3. Mengobati Kanker

Daun sirsak disebut-sebut memiliki kekuatan 100 kali kemoterapi untuk melawan kanker. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping selain biaya yang sangat mahal. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.

Cara Penggunaan

Untuk pengobatan, merebus 10 daun sirsak dalam 3 gelas air hingga menjadi hanya satu gelas, saring dan dinginkan lalu minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu untuk melihat efek perbaikan kondisi anda. Daun sirsak sebagai pengobatan kanker adalah salah satu obat yang paling ampuh sampai saat ini. Daun sirsak ini dapat digunakan sebagai kemoterapi bahkan lebih berkasiat karena hanya membunuh sel sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel yang tumbuh normal.

4. Obat Batuk Ringan

Untuk obat batuk ringan, siapkan 7 lembar daun sirsak muda. Remas dan tampung airnya. Minum setiap pagi sebelum manyantap apapun.


5.  Mengobati Sakit Pinggang

Daun sirsak juga bisa digunakan untuk obat sakit pinggang. Caranya sediakan 20 Lembar daun sirsak kemudian direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas serta minum 1 kali sehar 3/4 gelas.

Sakit punggung sering kita alami terutama saat berolahraga dan bertambahnya usia. Menggunakan obat-obatan kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif.

Cara Penggunaan:

Anda bisa merebus 20 lembar daun sirsak di 5 gelas air sampai hanya 3 gelas air yang tersisa. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk membantu mengatasi masalah sakit punggung anda.

6. Mengobati Eksim dan Rematik

Remukan beberapa lembar daun sirsak sampai halus dan letakkan atau tempelkan di bagian yang sakit sampai tidak terasa sakit lagi, biasanya harus dilakukan hingga beberapa hari.

Penyakit rematik biasanya dialami pada orang tua, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah pengobatan herbal alami untuk nyeri artritis.

Penggunaan

Untuk tujuan masalah eksim dan rematik ini penggunaannya sedikit berbeda, haluskan daun sirsak dan oleskan pada daerah tubuh yang terkena nyeri akibat arthritis dan eksim serta rematik secara teratur dua kali sehari. Diamkan beberapa menit sampai daun sudah agak kering.


7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi merupakan keadaan yang berbahaya karena dapat mengundang kondisi dan penyakit lainnya yang lebih berbahaya, misalnya stroke. Untuk menurunkan tekanan darah, anda bisa meminum air rebusan daun sirsak.

8. Obat Asma dan Sesak Napas


Siapkan 7 daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut-semut rang-rang. Kemudian remas dan tampung airnya hingga mencapai kurang lebih setengah gelas. Minum tiap pagi sampai penyakit anda sembuh.

9. Mengobati Bisul

Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai lalu tempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.


10. Sebagai Obat Wasir

Penderita wasir harus menghindari makanan pedas dan asam, karena kedua jenis makanan tersebut bisa menjadi pemicu munculnya wasir. Namun, selain itu, pengobatan dari dalam perlu juga. Salah satu obat tradisional untuk mengatasi wasir adalah daun sirsak. Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa hanya satu gelas. Minum air rebusan tersebut sekali sehari. Bahan alami lainnya yang dapat mengobati wasir adalah daun pegagan.

11. Menghilangkan Kutu Rambut

Sekarang ini memang sudah banyak produk yang bisa membasmi kutu rambut yang dibuat oleh pabrik secara kimiawi. Namun jika ada rahasia alam yang terungkap dapat mebasmi kutu tanpa harus memakai produk kimia, kenapa tidak dicoba? Daun sirsak adalah salah satunya. Rebus beberapa lembar daun yang sudah tua, lalu air hasil rebusannya digunakan untuk keramas. Lakukan secara rutin.

12. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Menghindari Infeksi

Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Rebus daun sirsak 4-5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat. Senyawa antioksidan dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Demikianlah artikel kami tentang 12 MANFAAT KANDUNGAN DAUN SIRSAK / SRIKAYA, semoga bermanfaat. Tetaplah bersama U2D

0 comments :

Post a Comment