News Update :
Home » » MENANGGULANGI DAN MENGATASI CEDERA AKIBAT OLAHRAGA

MENANGGULANGI DAN MENGATASI CEDERA AKIBAT OLAHRAGA

Olahraga sudah menjadi kebiasaan hidup orang banyak. Olahraga kemudian menjadi sebuah gaya hidup yang menjadi perlu untuk dimasukkan dalam daftar kegiatan anda dalam sepekan. Olahraga dapat membantu kita menjaga kesegaran dan kebugaran tubh serta membentuk tubuh menjadi lebih proporsional. 

Namun terkadang kita kurang menyadari bahwa setiap olahraga memiliki resiko cedera masing-masing. Hal ini biasa disebut Sport Injury.  Untuk mengatasinya, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menaggulangi Sport Injury atau cedera karena aktivitas berolahraga versi Voltaren dengan teknik RICE nya.



1. Rest. langkah pertama adalah istirahat. segera hentikan aktivitas olahraga bila anda mengalami cedera. Jangan memaksakan diri karena akan menjadi fatal akibatnya.

2. Ice. kompres dengan es. Kompreslah cedera anda bila memungkinkan di bagian yang cedera untuk membantu mengurangi kekakuan dan rasa nyeri pada otot. Hanya saja jangan terlalu lama, maksimal 5 sampai 10 menit.

3. Compression. lakukan kompresi pada luka yang cedera khususnya yang bisa menimbulkan pembengkakan. Lakukan dengan menggunakan kain perban yang elastis, bukan kain biasa.

4. Elevation. Meletakkan bagian yang cedera agak tinggi. Angkat bagian yagn cedera dalam posisi yang agak lebih tinggi untuk membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi.


Bila masih terus berlanjut, jangan lupa untuk konsultasi dan periksakan ke dokter mengenai cedera yang anda alami. Ingat, Olahraga ada batasnya dan aturan mainnya, kalau mau selamat, pahami dulu jenis, manfaat, dan kemungkinan cedera yang bisa dialami bila memilih jenis olahraga tertentu. Selamat mencoba!

0 comments :

Post a Comment