News Update :
Home » , » PARIWISATA TANAH TORAJA YANG EKSOTIS

PARIWISATA TANAH TORAJA YANG EKSOTIS

TANAH TORAJA - Sebagai salah seorang putra Toraja, dengan bangga saya menuliskan artikel yang sangat khusus ini bagi anda semua para pecinta wisata. Kalau wisata di pantai, sudah biasa. Wisata ke kebun binatang atau wahana permainan, ahhh... sudah biasa. Tapi  kalau mau yang super duper LUAR biasa, maka saya sarankan anda mengunjungi kampung halaman kebanggaan saya  TANAH TORAJA.


Tanah Toraja dulunya hanya berupa satu kabupaten namun kini sudah dibagi menjadi dua yaitu Kabupaten Tanah Toraja dan Toraja Utara (sedih seh kenapa harus dibagi2...). 

Asal muasal kata 'Tanah Toraja'

Kata 'Tanah' berarti 'tanah' atau 'padang' dan kata 'toraja' sendiri diambil dari dua kata yaitu 'to'' yang artinya 'orang-orang' dan 'raja' artinya 'raja-raja'. Jadi secara harfiah kata 'Tanah Toraja' berarti 'Tanah para raja-raja'.  Tanah Toraja dihuni oleh satu suku yang juga bernama 'Suku Toraja' yang masih memegang prinsip-prinsip alam dan adat to dolo atau adat orang-orang dulu, yah.. walaupun kini sudah berbaur dengan budaya modern namun hal tersebut tidak mengurangi rasa hormat dan cinta orang-orang Toraja untuk tetap menjaga dan melaksanakan adat-istiadat orang dulu seperti acara kematian yang sangat terkenal di seluruh dunia yaitu 'rambu solo'. Toraja juga memiliki salah satu ciri khas yaitu rumah adat yang atapnya seperti perahu yang disebut "TONGKONAN".


  • Londa
Londa adalah kuburan bagi orang-orang Toraja pada zaman dahulu yang biasanya berkasta tinggi  terletak di tempat yang tinggi dengan gua yang dalam dimana peti-peti mayat diatur sesuai dengan garis keluarga,.Di salah satu sisi bukit lainya dibiarkan terbuka menghadap pemandangan hamparan hijau. Terletak sekitar 5 Km ke arah selatan dari Rantepao.
  • Pallawa
Tongkonan Pallawa adalah salah satu Rumah Adat Tongkonan yang sangat menarik untuk dikunjungi karena  berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat yang melambangkan kekayaan dari yang empunya rumah adat tersebut. Rumah adat Pallawa terletak sekitar 12 Km ke arah utara dari Kota Rantepao. 
  • Ke'Te' Kesu'
Objek yang mempesona di desa ini berupa Tongkonan, lumbung padi dan bangunan megalith di sekitarnya. Sekitar 100 meter di belakang perkampungan ini terdapat situs pekuburan tebing dengan kuburan bergantung dan tau-tau atau orang-orangan yang dibuat menyerupai orang yang telah meninggal dalam bangunan batu yang diberi pagar. Tau-tau ini memperlihatkan penampilan pemiliknya sehari-hari. Perkampungan ini juga dikenal dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduknya dan sekaligus sebagai tempat yang bagus untuk berbelanja souvenir. Terletak sekitar 4 Km dari tenggara Rantepau.


  • Rante Lemo

Di kawasan Rante Lemo anda dapat menemukan sekitar 56 batu menhir dalam satu lingkaran dengan 4 pohon di bagian tengah. Kebanyakan batu menhir memiliki ketinggian sekitar 2 – 3 meter. Dari tempat ini anda dapat melihat keindahan rantepau dan lembah sekitarnya. Terletak di daerah Sensean dengan ketinggai 1300 Meter dari permukaan laut.




Dan masih banyak lagi yang bisa anda temui di Tanah Toraja selain dari kuburan batu, menhir, megalith, rumah adat, air terjun, dan yang paling dinanti-nantikan para turis biasanya adalah upacara adat pemakaman atau Rambu Solo' yang bisa menyita perhatian seluruh dunia dengan adatnya yang luar biasa. Mau buktikan sendiri? Datang aja ke Tanah Toraja, dijamin anda ingin kembali dan kembali kesana lagi ...


0 comments :

Post a Comment